Wisata Alam Baru di Loksono

(Foto : Istimewa)
Ikiwonosobomas.com - Melihat potensi wisata dengan banyaknya air yang melimpah di desanya, PJ Kades Besani Kecamatan Leksono, Wonosobo, Suratman sedang menyiapkan konsep wisata alam untuk anak.

Menurutnya, aliran air dari Kali Preng potensinya bagus untuk dijadikan wisata alam, karena di musim kemarau seperti ini, debitnya juga masih besar.

"debitnya besar bahkan di musim kemarau ini,” ungkap Suratman.

Rencananya, kedung Dadak dan Kedung Pane di sungai yang selama ini menjadi sumber air bagi lahan warga akan disulap menjadi wisata edukasi alam anak. 

Pihaknya berencana akan menambah wahana tubing anak, outbond untuk anak hingga pemancingan untuk anak. Ini akan jadi bagian dari pengelolaan sumber daya dan wisata dengan menggerakkan Pokdarwis.

“Dusun Sempor yang ada di desa Besani ini dikenal sebagai tempat pemancingan alami dan banyak mendatangkan pemancing luar daerah. Yang jelas, desain sudah siap dan bisa dikelola oleh Bumdes.,” jelasnya.

Karena selama ini potensi alam hanya diarahkan ke perkebunan salak dan kelapa, angka TKW tetap bertambah karena ternyata harga dua komoditi itu dinilai belum bisa memberikan keuntungan bagi petani.

“Dengan adanya wisata ini, harapannya adalah bisa menggerakkan ekonomi warga di banyak hal. Misal penjualan ikan, kuliner-kuliner khas, hingga pendapatan desa yang juga tentunya akan memberikan peluang pekerjaan bagi warga”, imbuh Suratman.

Salah satu pemancing, Sigit mengungkapkan bahwa penataan wisata bakal menjadi strategis karena akses akan lebih baik, pendatang pun bisa jadi lebih banyak.

“Yang jelas, jika akses ke sungai untuk pemancingan bagus, pengunjung entah itu pemancing atau wisata lain akan semakin banyak kesini”, ungkap Sigit. 

Source: genpi.co

0 Response to "Wisata Alam Baru di Loksono"

Posting Komentar