ikiwonosobomas.com

Calon Presiden Suriname Keturunan Wonosobo

Calon Presiden Suriname Keturunan Wonosobo
Mbok Karijosentono (kiri), Sapoen (tengah), Raymond Sapoen. Istimewa, Tempo/Aris Andrianto, Facebook.com
IkiWonosoboMas.com - Pegiat Paguyuban Sambung Roso Jawa-Suriname, , Arie Grobbee melakukan penelusuran terhadap salah satu kandidat presiden Suriname, Raymond Sapoen. Leluhur calon presiden yang diusung oleh Partai Pertjaja itu berasal dari Banyumas dan neneknya yang bernama Mbo Karijosentono berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah.

Arie Grobbee yang pernah menjadi kuli kontrak di Suriname dan menjadi pelusur silsilah kaluarga Jawa – Suriname kini tinggal di Karangbanjar, Purbalingga, Jawa Tengah. “kurang lebih sudah setahun melakukan penelusuran”, katanya, Ahad, 8 Februari 2015

Sapoen dikirim Belanda ke Suriname pada tahun 1928 sebagai kuli kontrak perkebunan. Dia adalah kakek Raymond yang berasal dari Desa Kanding, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Arie mengatakan, Mbok Karijosentono dikirim ke Belanda dua tahun lebih awal dari Ki Sapoen atau pada tahun 1926. Mbok Karijosentono berasal dari Desa Kepil yang dulunya bernama Kawedanan Bruno, Wonosobo.

Ia siap membantu kalau Raymond akan melakukan riset lebih mendalam tentang silsilah keluarganya. Ia juga mendapat pesan dari keponakan Raymond yang bernama Saith Seravia karena telah membantu penelusuran silsilah itu. "Kulo bungah saged ketemu kalih kadang famili malih (saya bahagia bisa bertemu kembali dengan saudara)," kata kata Saith seperti ditirukan Arie.

Kepala Desa Kanding, Awal Nurhandoyo, mengaku gembira ada orang Banyumas yang bisa menjadi kandidat presiden. "Kami selaku aparat desa siap membantu kalau Pak Raymond akan mencari leluhurnya di sini," katanya.

Raymond Sapoen, mantan Menteri Perdagangan dan Industri Suriname, juga sudah mengkonfirmasi melalui BBC bahwa ia keturunan Banyumas. "Saya adalah generasi ketiga. Saya punya catatan tentang leluhur saya, namun yang pasti adalah mereka berasal dari Banyumas," kata Raymond.

Raymond akan bertarung dalam pemilihan presiden Suriname pada 25 Mei mendatang. (Sumber:Tempo)

0 Response to "Calon Presiden Suriname Keturunan Wonosobo"

Posting Komentar