8 Pusat Oleh - Oleh Khas Wonosobo Yang Harus Anda Kunjungi

IkiWonosoboMas.com - Oleh-oleh tentunya tidak pernah ketinggalan, bila sahabat ikiwonosobomas.com berwisata. Oleh-oleh khas selalu dicari ketika berkunjung kesuatu daerah tertentu. Bila sahabat berkunjung ke kota Wonosobo, pasti akan mencari pusat oleh-oleh khas kota pegunungan ini.

Yuniati salah seorang pemilik toko oleh-oleh khas Wonosobo mengatakan, oleh-oleh khas Wonosobo yang sering diincar pembeli adalah carica, kacang Dieng dan keripik jamur. Ketiga makanan ini merupakan produk lokal dan menjadi icon Wonosobo. Selain menyediakan oleh-oleh jajanan khas, pusat oleh-oleh Wonosobo juga menyediakan keripik kentang, sagon, kopi Dieng, jenang dan jajanan khas lainnya. Harganya pun bervariasi, namun masih terjangkau oleh masyarakat. Biasanya saat-saat liburan akhir pekan atau libur panjang nasional, tokonya ramai dikunjungi para wisatawan, katanya.

Selain makanan dan minuman khas yang menjadi buruan wisatawan, kabupaten Wonosbo juga dikenal dengan jajanan gorengan tempe kemul, geblek dan kue mangkok. Disebut tempe kemul, karena tepung yang mengelilingi seperti menyelimuti tempe. Jajanan gorengan tempe kemul ini biasanya disajikan dengan geblek (makanan yang terbuat dari singkong). Sedangkan kue mangkok merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan rasanya manis. Ketiga jajanan ini biasanya dicari wisatawan ketika berkunjung ke Wonosobo. Lebih lagi tempe kemul dan geblek bila dihidangkan dengan kopi Dieng (purwaceng). Udara dingin pun tak lagi terasa ketika kehangatan kopi dan renyahnya tempe kemul tergigit dilidah.

Sahabat ikiwonosobomas.com, berikut 8 daftar pusat oleh-oleh khas Wonosobo yang harus dikunjungi bila sahabat bertandang kekota Wonosobo.

1. Toko Cendawan Mas II
Beralamat dijalan A. yani No. 5 Wonosobo. Toko ini bisa menjadi referensi untuk mencari oleh-oleh khas Wonosobo. Biasanya saat akhir pekan atau libur panjang, toko ini selalu ramai wisatawan dari luar daerah.

2. Toko Candi Dieng
Berlokasi dijalan Sambek No. 427 Wonosobo.Toko ini menjajakan keripik jamur, carica, kacang Dieng, gerubi, keripik kentang, keripik tahu, teh tambi serta purwaceng dan jajanan khas lainnya.

3. Toko Oleh-Oleh Amalia
Beralamat dijalan raya Kertek Km 1 Jambusari, Kertek, Wonosobo. Toko oleh-oleh Amalia menyediakan semua makanan dan minuman khas Wonosobo dengan harga yang terjangkau dan melayani pembelian dalam porsi besar.

4. Toko Tiga Putri
Jalan raya Kertek-Wonosobo No. 45 Kertek, Wonosobo. Ditoko ini pengunjung bisa mendapatkan macam-macam oleh-oleh khas Wonosobo mulai dari carica, kacang Dieng, keripik jamur sampai berbagai junis opak dan rengginang.

5. Rumah Karamel
Terletak disebelah Rumah Makan Tumbuh Lagi. Menyediakan berbagai macam makanan dan minuman khas Wonosobo. Selain itu Rumah Karamel juga menyediakan karamel singkong, tanpa gandum lezat dan sehat.

6. Toko Bintang
Jalan raya Kertek Wonosobo No. 33 Kertek, Wonosobo. Menyediakan semua jenis jajanan mulai dari yang khas Wonosobo sampai jajanan ringan dan berbagai jenis opak. semua lengkap disini.

7. Toko Cendana
Beralamat dijalan Kauman, Wonosobo. Menyediakan semua makanan dan minuman khas Wonosobo. slogannya sich, kalau mau beli jajan atau oleh-oleh khas Wonosobo murah... Ya di Cendana aja.

8. Toko Agripina
Jalan raya Bismo No. 77 Sumberan Utara, Wonosobo. Makanan dan minuman oleh-olehnya lengkap, hieginis, packingnya menawan. Cocok banget buat oleh-oleh saudara diluar kota. Harga, beda dari tempat lain karena langsung dari produsennya. (S-A)

1 Response to "8 Pusat Oleh - Oleh Khas Wonosobo Yang Harus Anda Kunjungi"

  1. Buka http://diengcool.com/ untuk pilih Paket Wisata Dieng dengan pemandu wisata yang profesional dan berpengalaman. Ada berbagai pilihan paket wisata yang menarik untuk kamu coba. Yuk berwisata dengan kami.

    BalasHapus