7 Menu Takjil Favorit Masyarakat Wonosobo

IkiWonosoboMas.com - Sahabat, menu takjil buka puasa merupakan bagian dari sajian buka puasa yang perlu disiapkan. Sebagian kalangan menganggap jika takjil merupakan menu wajib ketika berbuka puasa.

 Jumlah menu yang tersedia pun sangat beragam, mulai dari makanan ringan hingga aneka macam bubur dan es. Biasanya takjil identik dengan rasa yang manis.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Kedatangan bulan Ramadhan sangat ditunggu-tunggu dan disambut dengan penuh suka cita oleh sebagian besar umat Islam. Karena pada bulan Ramadhan terdapat banyak keberkahan dan keutamaan didalamnya. 

Selain ada ibadah-ibadah yang hanya ada dibulan Ramadhan seperti sholat tarawih dan tadarus Al Quran, bulan Ramadhan juga mendatangkan keberkahan bagi para pedagang. Khususnya pedagang yang menjual menu takjil untuk berbuka puasa. Tidak jarang bermunculan pedagang musiman yang hanya berjualan saat bulan Ramadhan saja. Umumnya pembeli akan mencari makanan atau minuman untuk menu berbuka puasa yang disebut takjil.

Lalu kira-kira menu takjil apa sajakah yang menjadi favorit sahabat ikiwonosobomas.com. Alangkah bijaknya bila sahabat ikiwonosobomas.com juga memperhatikan menu berbuka puasa, apakah sehat atau hanya sekedar mengenyangkan perut. Karena sesungguhnya dengan berpuasa itu sendiri pun bisa membuat tubuh kita menjadi sehat, jadi menu berbukanya harusnya sehat juga. Sehingga tidak mengurangi keberkahan bulan Ramadhan.

Sahabat ikiwonosobomas.com berikut 7 menu takjil favorit masyarakat Wonosobo yang tentunya tetap sehat untuk dikonsumsi.

1. Kolak
Menu yang satu ini memang ciri khas bulan Ramadhan, karena hampir semua Ibu akan menyajikan menu takjil kolak ini. Menu takjil kolak baik untuk dikonsumsi karena terbuat dari buah pisang, labu, ubi dan lainnya. Namun perlu juga diperhatikan dalam mengkonsumsinya, karena biasanya kolak dibuat dengan air santan yang berlebihan. Sehingga baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

2. Es Kelapa Muda
Es kelapa muda ini juga merupakan menu takjil favorit bagi masyarakat Wonosobo. Selain menyegarkan, murah dan tentunya menyehatkan. Seperti diketahui mengkonsumsi kelapa muda baik bagi kesehatan manusia.

3. Es Buah
Seperti namanya minuman ini terbuat dari berbagai macam buah seperti melon, semangka, nanas, anggur, apel dan sebagainaya. Campuran buah-buahan tersebut membuat tampilan es buah menarik dan berwarna-warni. Untuk kuahnya terbuat dari campuran air, es batu, sirup dan susu.

4. Es Cendol
Es cendol juga sering dijadikan menu takjil buka puasa. Minuman tradisional Indonesia ini memang sangat nikmat. Bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi para penjual es cendol. Setiap sore menjelang buka puasa semua penjual es cendol ramai diserbu pembeli.

5. Puding
Puding adalah makanan yang memiliki banyak serat dan sangat baik untuk pencernaan. Puding merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan sebagai menu takjil berbuka puasa karena dapat membuat perut menjadi adem. Puding juga sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang memiliki masalah pada lambung.

6. Bubur Candil
Bubur candil merupakan bubur yang terbuat dari tepung ketan, kemudian dibentuk sebesar bola-bola kecil lalu direbus pada air gula merah hingga matang. Campuran air gula merah dan candil yang telah direbus ditambahkan larutan tepung terigu dan santan. Bubur ini sangat pas disajikan saat berbuka puasa karena rasanya yang manis dan gurih.

7. Bubur Kacang Hijau
Bubur kacang hijau merupakan bubur dengan kacang hijau sebagai bahan dasarnya, dipadu dengan santan dan gula merah serta ditambahkan pula daun pandan sebagai penambah aroma dari bubur kacang hijau tersebut. (S-A)

0 Response to "7 Menu Takjil Favorit Masyarakat Wonosobo"

Posting Komentar