ikiwonosobomas.com

5 Kedai Mie Ongklok Paling Ramai Di Wonosobo

IkiWonosoboMas.com - Jika sahabat berkunjung ke kota Wonosobo, kurang afdhol rasanya bila tidak mencicipi kuliner khas yang cukup populer. Mie Ongklok. 

Iya, Mie Ongklok merupakan salah satu makanan kuliner khas kabupaten Wonosobo. Kuliner yang rasanya unik dan lezat ini begitu memanjakan lidah para pengunjungnya. Popularitas Mie Ongklok kabarnya telah menyebar dikalangan para pelancong dari berbagai negara dibenua Amerika, Eropa dan Asia. Beberapa tokoh nasional pun juga tak ketinggalan kecanduan Mie yang yahud asal Wonosobo ini. Salah satu yang kecanduan Mie Ongklok adalah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mungkin sahabat ikiwonosobomas.com penasaran kenapa kuliner khas Wonosobo ini disebut Mie Ongklok. Karena dalam proses penyajiannya, Mie ini diramu dengan sayuran kol dan dan potongan daun kucai kemudian dicampur disebuah gayung yang terbuat dari bambu. Campuran Mie dan sayuran tadi dicelup-celupkan selama beberapa menit pada air mendidih. Rupanya cara inilah yang disebut diongklok. 

Baca: 

Mie Ongklok, Makanan Yang Wajib Dimakan Saat ke Wonosobo

Setelah itu campuran Mie dan sayuran ditaruh pada mangkuk dan diguyur kuah. Kuah Mie Ongklok inilah yang terkenal khas. Kuahnya terbuat dari tepung pati, gula Jawa, ebi dan rempah-rempah. Agar rasanya lebih lezat Mie Ongklok diguyur juga dengan bumbu kacang dan bawang goreng. Ditambahkan pula beberapa varian lauk yang disajikan bersama Mie Ongklok diantaranya sate sapi, tempe kemul dan geblek (semacam makanan tradisional yang terbuat dari singkong). Cara penyajian Mie seperti ini hanya ada dikabupaten Wonosobo. 

Bicara tentang harga Mie Ongklok sangat terjangkau. Satu porsi Mie Ongklok Rp. 5000-7000. Sedangkan sate sapi harganya Rp. 1.500 per tusuk dan tempe kemul seharga Rp. 1000 per bijinya. Jadi sahabat ikiwonosobomas.com tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menikmati sensasi kelezatan Mie Ongklok yang menggugah selera itu.

Sahabat ikiwonosobomas.com berikut daftar 5 kedai Mie Ongklok yang paling banyak dikunjungi dikota Wonosobo.

1. Kedai Mie Ongklok Longkrang Milik Pak Waluyo
Terletak dijalan Pasukan Ronggolawe No. 14 Wonosobo atau sekitar 800 meter kesebelah utara dari pusat kota Wonosobo. 

Disebutkan pak Waluyo, Mie Ongklok Longkrang merupakan tempat lahirnya kedai Mie Ongklok di Wonosobo. Dulu sekitar tahun 1975 ayahnya, Samsudin berjualan Mie Ongklok dengan berkeliling. Selang beberapa lama Mie Ongklok Samsudin semakin digemari masyarakat kemudian Samsudin berinisiatif membuka kedai, hingga akhirnya berdirilah kedai Mie Ongklok Longkrang. Sekarang kedai Mie Ongklok Longkrang diturunkan ke pak Waluyo sebagai generasi kedua.

2. Kedai Resto Ongklok
Berada di jalan Dieng, Wonosobo. Lokasinya yang strategis diantara jalan yang menghubungkan kota Wonosobo ke Dieng membuat restoran ini tak pernah sepi dari pengunjung. Tempatnya luas, bersih, rapi dan dilengkapi fasilitas pendukung yang memadahi seperti convention hall, ruang olahraga fitness dan hotspot area.

3. Kedai Mie Ongklok Pak Muhadi
Berlokasi di jalan Ahmad Yani No. 1 Wonosobo. Kedainya cukup besar, berkapasitas sekitar 80 orang. Deretan bangku dan kursi panjang tertata rapi didalam kedai. Sambil menunggu pesanan Mie Ongklok senampan besar berisi tempe kemul dan geblek disodorkan kepada pengunjung. 

Kedai yang hanya menyajikan Mie Ongklok ini selalu ramai pengunjung. Harga per porsinya terjangkau Rp. 16.000, minuman yang tersedia juga terbilang standar teh manis dan aneka softdrink.

4. Kedai Mie Ongklok Bu Umi
Beralamat dijalan Masjid, Kauman Utara, Wonosobo atau sekitar 500 meter dari pusat kota Wonosobo. Menikmati Mie Ongklok tidaklah lengkap bila tidak ditemani dengan sate sapi. 

Sate sapi yang disajikan dikedai Bu Umi ini juga sederhana, dengan potongan daging yang kecil-kecil serta bumbu kacang yang halus dan manis. Bumbu kacang ini yang sejatinya akan memperkuat rasa kuah Mie Ongklok bila dicampurkan, sehingga tercipta rasa dan aroma yang sempurna.

5. Kedai Mie Ongklok Alun-Alun Wonosobo
Keberadaan alun-alun Wonosobo yang difungsikan sebagai tempat olahraga dan rekreasi dikabupaten Wonosobo juga banyak mengundang para pedagang kaki lima untuk mengais rezeki disana, salah satunya adalah pedagang keliling Mie Ongklok. Soal rasa tidak kalah dengan Mie Ongklok di kedai-kedai ternama dan harganya pun relatif terjangkau.(S-A)

4 Responses to "5 Kedai Mie Ongklok Paling Ramai Di Wonosobo"

  1. enak banget ternyata mie ongklok ,minggu kemarin baru coba dan abis dua porsi

    BalasHapus

  2. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this post and the rest of the site is also really good. itunes store login

    BalasHapus
  3. Aku kangen bgt mie ongklok wonosobo... Suasana dingin enak bgt sambil mnikmati mie ongklok. Apalagi pas bln juli-agustus

    BalasHapus