ikiwonosobomas.com

Sedikitnya 20 Desa di Wonosobo Menggunakan Nama Depan 'Kali'

Iki Wonosobo Mas - Wilayah Wonosobo sebetulnya sebagian besar terletak di dataran tinggi atau pegunungan. Diapit oleh Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di sebelah timur, sementara disebelah utara terdapat dataran tinggi pegunungan Dieng dengan puncak Gunung Perahu. Di sebelah selatan terdapat Waduk Wadaslinting yang bersebelahan dengan Kabupaten Kebumen.

Pusat kota Pemerntah Kabupaten Wonosobo berada di tengah-tengah wilayah yang juga menjadi hulu dari Kali Serayu.

Bicara tentang kali atau sungai ternyata banyak desa di Wonosobo menggunakan nama depan "kali" untuk menamakan wilayahnya. Tidak jelas apakah dikarenakan penamaan desa karena terdapat kali ata sungai di wilayah tersebut. Tapi seperti menjadi rahasia umum, untuk menamakan sebuah tempat karena ada asal muasal terdapat sebuah benda, peristiwa atau apapun yang cukup fenomenal. Atau paling tidak agar orang lebih mudah menyebut dan mengingatnya.

Sedikitnya 20 desa di Wonosobo yang menggunakan nama depan "kali". Seperti desa Kaliwiro, Kalibeber, Kalierang, Kalikajar, Kalibawang, Kalitulang, Kalikalang, Kalitengah, Kalikuning, Kaliunjar, Kalicecep, Kalilawang, Kalibening, Kaliasem, Kalibening, Kalimendong, Kalimadi, Kalijodo, Kalikuto, Kalijeruk.

Ada lagi?

3 Responses to "Sedikitnya 20 Desa di Wonosobo Menggunakan Nama Depan 'Kali'"