ikiwonosobomas.com

7 Kebiasaan Anak Wonosobo di Facebook

7 Kebiasaan Anak Wonosobo di Facebook
IkiWonosoboMas.com - Setiap orang tentu punya kesukaan tersendiri ketika sedang berinteraksi sosial melalui situs jejaring sosial facebook. Jejaring sosial pertemanan ini memang mempunyai fitur yang sangat membantu kita untuk mencari teman baru maupun teman yang sudah lama tidak ketemu. Bahkan berangkat dari hal tersebut, tidak sedikit yang akhirnya menjadi pasangan hidup atau berkeluarga.

Tak berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang Wonosobo, banyak kesukaan yang tercermin dari kebiasaan yang dilakukan oleh mereka yang memiliki akun sosial di media jejaring tersebut. Ada yang ingin menjalin silaturrohiim, mencari pasangan, atau sekedar mengisi waktu luang dan menjadikan facebook sebagai ajang mencari hiburan.

Yuk cob intip kebiasaan apa sajakah yang dilakukan “sedulur” Wonosobo di jejaring milik Mark Zuckerberg. 

1. Salam Tempe Kemul
Salam ini menjadi cukup populer di kalangan orang Wonosobo, terlebih mereka yang sering berinteraksi dengan sesama melalui facebook. Salam Tempe Kemul menandakan paseduluran orang Wonosobo yang selalu ingat akan daerahnya.

2. Asal Komen
Masih banyak yang memberikan komentar hanya karena sudah melihat judul dan foto postingan, belum membaca isinya. Hal ini bisa dilihat dari jeda antara posting dan komen relatif sangat singkat, sementara isi dari postingnya juga lumayan panjang. Sehingga tak jarang komen yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dituliskan dalam postingan tersebut.

3. Langsung nge-LIKE sebelum dibaca
Bila diperhatikan, banyak orang Wonosobo yang senang sekali memberikan LIKE terhadap sesuatu yang baru di posting. Coba saja posting di salah satu group facebook wonosobo, seperti Komunitas Wonosobo Asri, Paguyuban Wonosobo, Wonosobo Chat Room dan lainnya. Tak perlu menunggu waktu satu menit untuk menunggu anggota lain nge-LIKE postingan Anda. Tidak peduli seberapa bagusnya postingan tersebut.

Masih banyak orang Wonosobo yang hanya sekedar membaca judul  dan tidak membaca isi. Suka dan tidak, paham dan tidak, setuju dan tidak dengan postingan tersebut yang penting nge-LIKE.

Terlebih bila yang membuat postingan seorang cewek cantik, sudah dipastikan akan banyak memanen LIKE dan Komentar di statusnya. Sampai banyak kesempatan para cowok bikin status atau komen “nyong gumun, nek cewek sik nggawe status mesti banjir LIKE karo KOMEN”.

Nilai lebihnya, orang Wonosobo sangat baik untuk memberikan apresiasi terhadap segala macam bentuk postingan.

4. Suka mengajak absen sedulur yang lain
Anda gabung di salah satu group yang saya sebutkan tadi? Pernahkah anda menemukan postingan seperti ini? “ Nyong wong kauman, rika wong ngendi lur”, atau semacamnya.

5. Suka perang gambar
Ada juga yang seringkali membuat meme dengan gambar aneh atau lucu dan dijadikan untuk menantang perang gambar dengan member lainnya dalam sebuah group. Biasanya hal ini dilakukan ketika ada orang yang merasa group yang diikutinya sedang sepi dari aktifitas, atau si Dia yang memang sedang kesepian.

6. Suka selfie
Banyak abg yang suka berselfie ria dan fotonya diposting dalam group, caption atau keterangan fotonya bermacam-macam, ada yang memberi pertanyaan kira-kira berapa usianya, ada yang hanya mengenalkan diri sebagai salah satu warga sebuah desa atau kecamatan di Wonosobo.
   
7. Suka salah
Pernahkah melihat postingan dari salah satu member dalam group, sebuah foto buah atau hewan dan menyebutnya sengaja disalahkan.
Sebagai contoh foto buah salak, sementara statusnya “nek nggon nyong jeneng semangka, nggon rika apa?, atau foto kuda, keterangannya “nek nanggonku jenenge jerapah, nanggonmu apa lur?” Dan banyak lagi yang lain.

Meskipun tidak semua warga Wonosobo mempunyai kebiasaan-kebiasaan seperti yang disebutkan, paling tidak 7 hal tersebut lebih dominan dan mudah untuk ditemukan.

3 Responses to "7 Kebiasaan Anak Wonosobo di Facebook"