700 Hektar Lahan Sindoro Berubah Jadi Arang

700 Hektar Lahan Sindoro Berubah Jadi Arang
IkiWonosoboMas.com - Peristiwa kebakaran yang terjadi di Gunung Sindoro dalam rentang waktu bulan Januari - September 2015, sebabkan 700 hektar lahan berubah menjadi hamparan arang. Lahan yang merupakan kawasan hutan lindung tersebut merupakan vegetasi rimba alam dan habitat berbagai satwa.

Menurut Kepala Urusan Komunikasi Perum Perhutani KPH Kedu Utara, Herman Sutrisno, peristiwa kebakaran yang terakhir terjadi Selasa (22/9/2015) dan baru bisa dipadamkan pada Kamis (24/9/2015) malam. Sedikitnya 237,5 hektar hangus dilalap si jago merah pada kejadian tersebut.

Kebakaran juga menghanguskan Gunung Kembang yang dikenal sebagai "anak" gunung Sindoro.

Dalam peristiwa kebakaran kemarin api kali pertama terlihat di petak 16e RPH Sigedang dengan luasan kebakaran mencapai 15 hektar. Api meluas sampai petak 16i dan 18 c dengan luasan kebakaran mencapai 155,5 hektar.

Sedangkan kebakaran di wilayah RPH Anggrugondok terjadi di petak 19 dan petak 21 dengan total luasan lahan yang terbakar mencapai 67 hektar. 

Menurutnya, petugas gabungan dari Perum Perhutani dari RPH Dieng, dibantu Kodim Wonosobo, Koramil dan Polsek Kejajar, LMDH Argo Lestari Desa Lengkong Kecamatan Garung, SAR BPBD, pecinta alam dan masyarakat sekitar berupaya melakukan pemadaman.

Upaya pemadaman hanya dilakukan dengan cara manual menggunakan alat-alat sederhana karena lokasi kebakaran yang sulit dijangkau, medan terjal, dan curam. 

“Penyebabnya kami belum dapat pastikan, kami akan selidiki lebih lanjut. Sampai sekarang petugas juga masing melakukan pemantauan di lokasi,” kata pungkasnya (sumber:kompas)

Foto:merdeka

0 Response to "700 Hektar Lahan Sindoro Berubah Jadi Arang"

Posting Komentar