ikiwonosobomas.com

Memprihatinkan, Wonosobo Jadi Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah

Memprihatinkan, Wonosobo Jadi Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah
IkiWonosoboMas.com - Memprihatinkan, Wonosobo menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah dengan persentase penduduk miskin di angka 22,08 persen. Angka tersebut menempatkan Wonosobo berada dalam urutan paing buncit di Jawa Tengah karena berada dibawah persentase kemiskinan Provinsi Jateng 14,44 persen dan Nasional 11,47 persen.

Tak hanya menjadi yang paling buruk, angka tersebut membuat Kabupaten Wonosobo bersama 14 kabupaten lain masuk dalam zona merah peta kemiskinan Provinsi Jawa Tengah, dan menjadi sasaran prioritas untuk ditanggulangi.

‘’Pemerintah Provinsi akan mendorong Wonosobo dan 14 kabupaten yang masuk di zona merah bisa secepatnya mentas ke arah zona kuning,’’ kata Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, dalam acara Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPD) untuk wilayah eks Karesidenan Kedu, di Wonosobo, Senin (21/9).

Sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 166 Tahun 2014 tentang Percepatan Penanggulangan Kemisikinan, Wagub meminta agar ke 15 Kabupaten yang memiliki persentase kemiskinan 14,46-22,08 persen dikeroyok semua SKPD Provinsi terkait, agar lebih cepat teratasi. Menurut Heru, ada empat strategi penanggulangan sesuai Perpres tersebut yang harus didorong untuk bisa intensif di 15 kabupaten.

Keempat strategi itu, yakni mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro kecil dan menengah, serta membentuk sinergi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. Selain selaras dengan Perpres, mantan Bupati Purbalingga tersebut juga mengatakan strategi menanggulangi kemiskinan melalui empat langkah itu sesuai dengan RPJMD Provinsi Jawa Tengah 2013-2018.

’’Misi kedua dalam RPJMD 2013-2018, yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, menanggulangi kemiskinan dan pengangguran,’’ paparnya. Semua pihak, baik SKPD terkait di Pemprov maupun pemerintah daerah, dikatakan Heru selayaknya memahami langkah yang harus diambil demi menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah.

’’Perlu pembagian tugas yang jelas antara Pemprov dengan Pemkab/Pemkot, karena masing-masing memang tak bisa berjalan sendiri,’’kata Wagub sebelum menutup Rakor. (sumber;suaramerdeka)

0 Response to "Memprihatinkan, Wonosobo Jadi Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah"

Posting Komentar