Dari 24 Puskesmas di Wonosobo, Baru 4 Yang terakreditasi

Dari 24 Puskesmas di Wonosobo, Baru 4 Yang terakreditasi
IkiWonosoboMas.com - Tahun 2016 mendatang, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonosobo dr RM Okie Hapsoro MKes menargetkan seluruh puskesmas yang ada di Wonosobo harus sudah mengantongi akreditasi. Sampai hari ini dari 24 puskesmas se-Wonosobo, baru 4 puskesmas yang telah mendapatkan akreditasi, sedangkan 20 puskesmas belum.

Seperti yang diberitakan oleh krjogja.com Okie mengungkapkan bahwa Kementerian Kesehatan mentargetkan pada 2019 nanti, seluruh puskesmas di Indonesia harus sudah terakreditasi. "Sedangkan puskesmas di Wonosobo, ditargetkan 2016 mendatang sudah terakreditasi seluruhnya,” jelasnya.(25/6/2015).

Okie menambahkan bahwa Kabupaten Wonosobo sendiri merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang memiliki puskesmas yang telah terakreditasi nasional. Ada 4 puskesmas di Wonosobo yang sudah terakreditasi, yaitu Puskesmas Wonosobo 1, Puskesmas Selomerto, Puskesmas Garung, dan Puskesmas Mojotengah.

Keberadaan puskesmas di masa mendatang harus sudah mempunyai akreditasi, selain menjadi syarat dari BPJS, juga merupakan bentuk optimalisasi pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan terhadap masyarakat.

“Jadi kalau nanti masih ada puskesmas belum terakreditasi, ya lebih baik ditutup saja. Karena akreditasi menjadi syarat mutlak sesuai ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014,” ujarnya.


0 Response to "Dari 24 Puskesmas di Wonosobo, Baru 4 Yang terakreditasi"

Posting Komentar