5 Makanan Wajib Orang Wonosobo Saat Berbuka Puasa

5 Makanan Wajib Orang Wonosobo Saat Berbuka Puasa
Ikiwonosobomas.com - Tak terasa sudah 8 hari menjalani puasa ramadhan tahun 1436 Hijriah ini. Semoga tidak ada yang batal puasanya sampai hari kemenangan tiba nanti, sehingga saat sholat Idul Fitri benar-benar menjadi orang yang seperti baru dilahirkan kembali.

Ngomong soal puasa di bulan ramadhan sekarang, makanan apa saja yang selalu ada di rumah kamu. Paling tidak yang wajib bin kudu ada sebagai teman berbuka. 

Nah tim ikiwonosobomas.com mencoba kasih tahu makanan apa saja yang biasanya ada di piring saat kamu bersiap berbuka, apa aja itu silahkan simak

1. Teh manis, 
Yah bukan karena mentang-mentang Wonosobo punya pabrik teh tambi, cuma diakui atau tidak rasa teh tambi lain dari yang lain. Rasa sepet dan bau teh asli Wonosobo begitu kentara. So, jadi orang Wonosobo pastinya selalu nyiapin teh manis, sebagai bentuk kepatuhan terhadap anjuran "berbukalah dengan yang manis" :)

2. Tempe Kemul.
Bagi orang Wonosobo tentu sangat hafal tekstur dari setiap bagian tempe yang diselimuti oleh tepung. Terlebih makannya saat baru saja diangkat dari penggorengan. Hmmmm maknyus. 
Coba ingat, selama menjalani puasa kali ini, berapa hari yang tidak ada tempe kemul sebagai hidangan buka puasa?

3. Tahu Kemul.
Tak akan banyak bahas soal makanan yang masih kakak beradik dengan tempe kemul, tahu kemul juga seringkali ada di rumah kamu saat mau berbuka. ya kan? :)

4. Opak
Siapa diantara kalian yang belum pernah makan makanan khas Wonosobo yang satu ini. Opak singkong berbentuk kotak persegi yang dihiasi dengan hijaunya kucai didalamnya. Gurih dan renyah akan menjadi cerita sendiri untuk meramaikan suasana saat berbuka. Dengarkan saja setiap patahan lembaran opak dan setiap kunyahan... sanggup dengerin? 

5. Bakwan.
Bagi sebagian orang, makan bakwan sudah komplit seperti makan besar. Kenapa? di makanan yang satu ini kita akan mendapatkan makanan pengganti nasi yang berasal dari terigu sekaligus dengan sayur mayurnya. Gak percaya, lihat saja bahannya. :)

Itulah 5 makanan wajib orang Wonosobo saat berbuka puasa, ingin cek kebenarannya tanya saja para penjual gorengan di dekat plaza Wonosobo atau di sekitar alun-alun Wonosobo.

Atau mungkin kamu punya makanan yang tidak disebutkan diatas? silahkan tambahkan di komentar ya :)


0 Response to "5 Makanan Wajib Orang Wonosobo Saat Berbuka Puasa"

Posting Komentar