ikiwonosobomas.com

Terong Belanda, Orang Menyebutnya Buah Kemar

Terong Belanda, Orang Menyebutnya Buah Kemar
IkiWonosoboMas.com - Buah yang kaya akan vitamin c ini tumbuh subur di dataran tinggi Dieng. Terung Belanda atau Terong Belanda bisa ditemukan di perkebunan warga masyarakat di wilayah dataran tinggi Dieng, Kejajar Wonosobo. Masyarakat Wonosobo menyebut Terong Belanda dengan Buah Kemar.

Terung Belanda atau Buah Kemar memiliki ciri-ciri seperti bau lembu kutub.  Berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur, pada umumnya berukuran 3-10 cm x 3-5 cm. Di kedua ujung buahnya meruncing, Kulit buah tipis, licin dan berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga sampai kekuning-kuninga. Daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuningkuningan. Sementara Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.

Biasanya buah kemar yang juga berfungsi untuk menahan erosi, baca disini, bisa dimakan langsung atau dijadikan bumbu masak. Di kota besar buah yang kaya akan vitamin A dan Vitamin C ini biasanya tersedia di penjual jus menjadi salah satu menu minuman jus yang dijajakan.  

Pernah mencoba?