Inilah 13 Foto Jadul Jalur Kereta Api Wonosobo - Purwokerto

IkiWonosoboMas.com - Info akan dibukanya kembali jalur Kereta Api Wonosobo - Purwokerto menjadi harapan besar bagi masyarakat Wonosobo. Semoga dengan dibukanya jalur milik PT Kereta Api Indonesia akan membuat tingkat perekonomian meningkat.

Jalur kereta api yang berada di jalur lintas tengah Jawa Tengah, Purwokerto (Banyumas) - Wonosobo, sepanjang 92 km itu tak berfungsi sejak 25 tahun lalu. 

Ingin tahu seperti apa jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo zaman dulu, berikut 12 foto jalur Kereta Api Wonosobo - Purwokerto yang dilansir ikiwonosobomas.com dari akun Twitter PT KAI, Sabtu (14/5):

1. Pembangunan jalur Kereta Api rute Wonosobo - Purwokerto, dimulai secara bertahap pada periode tahun 1893 sampai dengan 1917.


2. Pengerjaan proyek jalur Kereta Api Wonosobo - Purwokerto, oleh perusahaan Kereta Api SDS (Serajoedal Stoomtram Maatschappij).


3. Usulan pembangunan jalur Kereta Api Wonosobo - Purwokerto, awalnya dari pemilik pabrik-pabrik gula yang ada di daerah Banyumas.


4. Jalur Kereta Api Rute Wonosobo - Purwokerto sepanjang 92,1 km, melalui kota Sokaraja, Banjarsari, Klampok dan Banjarnegara.


5. Selain itu, juga dibangun jalur Kereta Api Banjarsari - Purbalingga sepanjang 7 km. Pengoperasiannya diresmikan tahun 1900.


6. SDS juga membangun jalur Kereta Api Purwokerto - Patikraja - Sampang - Maos (ke arah Selatan) sepanjang 29 km, peresmiannya 1896.


7. Perusahaan - perusahaan swasta besar yang paling berkepentingan menggunakan jasa Kereta Api, adalah perusahaan gula.


8. Pengangkutan yang menggunakan Kereta Api oleh perusahaan gula, seperti: bahan bakar, pembungkus, bibit, pupuk dan lain - lain.


9. Sedangkan hasil produksi yang dibawa keluar dari wilayah Banyumas dengan Kereta Api, antara lain gula dan sirup tebu.


10. Selanjutnya, barang-barang tersebut dibawa ke pelabuhan Cilacap, untuk kemudian dikapalkan ke luar negeri. 


11. Sebagian dibawa ke Stasiun Maos, untuk selanjutnya di angkut dengan KA milik Staats Spoorwegen (SS) ke Batavia.


12. Di masa jayanya, 1 rangkaian Kereta Api rute Purwokerto - Wonosobo terdiri dari gerbong barang dan 5 kereta penumpang.


13. Untuk rute Wonosobo - Purwokerto kala itu, stasiun KA yg memiliki dipo: Purwokerto, Banjarnegara dan Klampok






0 Response to "Inilah 13 Foto Jadul Jalur Kereta Api Wonosobo - Purwokerto"

Posting Komentar