Pelajar Wonosobo Diharapkan Jadi Agen Literasi Media

Pelajar Wonosobo Diharapkan Jadi Agen Literasi Media
IkiWonosoboMas.com - Acara di layar kaca semakin beragam ketika stasiun televisi juga semakin bertambah. Untuk memancing minat pemirsa, stasiun televisi bersaing membuat program acara televisi yang digemari oleh pemirsa. Tak jarang acara televisi juga menjadi bentuk penanaman kebiasaan baru ditengah masyarakat. Karakter generasi bangsa bisa dipengaruhi melalui media elektronik ini.

Menindaklanjuti arus yang bergitu deras dari program acara televisi. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Jawa Tengah menggandeng pelajar dan mahasiswa Wonosobo untuk menjadi agen literasi media. Diawali dengan diskusi yang dilakukan kemarin hari jum'at (21/11), diharapkan generasi muda Wonosobo bisa memahami literasi media sehingga mereka bisa memilih dan memilah tayangan televisi maupun media masa lainnya. Dengan memahami tayangan yang mempunyai nilai manfaat diharapkan para pelajar dan mahasiswa juga bisa menjadi agen literasi media ditengah masyarakat.

Acara yang digelar di Ruang Mangunkusumo Sekretariat Daerah Wonosobo, Ketua Komisi Penyiaran Jawa Tengah, Budi Setyo Purnomo mengungkapkan bahwa media dewasa ini telah memberi pengaruh begitu kuat dalam membentuk pemahaman masyarakat akan suatu peristiwa. Mulai dari informasi penting seperti dunia ekonomi maupun politik, stasiun televisi sekarang ini banyak sekali menayangkan program acara hiburan yang konyol dan tak bermutu.

"tayangan tersebut harus disikapi dengan tepat, agar nantinya Bangsa Indonesia ini tidak mengalami degradasi sumber daya manusia karena generasi penerusnya berkarakter penonton", katanya.