ikiwonosobomas.com

Wonosobo Ikut Patungan Untuk Membangun Bandara Wirasaba

Iki Wonosobo Mas - Wonosobo bersama 4 kabupaten lainnya berencana membebaskan lahan yang akan digunakan untuk landasan pacu atau runway pesawat di Bandara Wirasaba. Pembebasan lahan tersebut dilakukan dengan dana dari 5 kabupaten seperti Purbalingga, Banyumas, Wonosobo, Banjarnegara dan Kebumen.

Perluasan lahan dilakukan seiring dengan adanya izin dari TNI Angkatan Udara untuk mengembangkan Pangkala Udara Wirasaba. Pangkalan udara yang berada di Kabupaten Purbalingga akan dijadikan sebagai bandara komersial sehingga bisa melayani penerbangan sejumlah maskapai di Indonesia.

"Surat persetujuan pengembangan Lapangan Udara Wirasaba sudah dikirim oleh Kepala Staff TNI AU, Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia kepada Ganjar Pranowo,Gubernur Jateng", ujar Urip Sihabudin Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Tegah di Semarang

Selanjutnya Dishubkominfo Jateng akan menyelesaikan "master plan" pengembangan Lanud Wirasaba berdasarkan kebutuhan selama 25 tahun mendatang. Sehubungan dengan itu pihaknya akan merancang landasan pacu hingga 2000 meter.

"landasan pacu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang menginginkan adanya pesawat jet berkapasitas 100 orang di Bandara Wirasaba, namun dari kementrian menilai panjang runway cukup sekitar 1400meter" katanya.

Menurutnya pemprov jateng juga sedang mengajukan permohonan bantuan anggaran kepada pemerintah pusat untuk pembangunan runway dan apron pesawat. Sementara terminal penumpang dan lainnya akan menjadi urusan pemprov beserta lima pemerintah kabupaten sekitar.

0 Response to "Wonosobo Ikut Patungan Untuk Membangun Bandara Wirasaba"

Posting Komentar