ikiwonosobomas.com

Alat Musik Aneh Dari Wonosobo, Hanya 1 Orang Yang Bisa Memainkan

Ikiwonosobomas.com - Sekilas bila dilihat memang bukan seperti alat musik. Karena memang sebenarnya barang ini biasa digunakan sebagai pengganti topi bagi mereka yang sedang menggembala bebek diwaktu hujan untuk berteduh. Atau orang biasa menyebutnya "kowangan".

Namun ditangan Hengky Krisnawan, satu barang yang terbuat dari bambu tersebut bisa menyuarakan bunyi mirip beberapa alat musik gamelan. Alat musik tradisional yang dinamakan Bundengan saat ini merupakan barang langka dan antik. Hanya tinggal satu orang yang mampu memainkannya. Dialah Hengky, seorang seniman warga Kampung Seruni, Kelurahan Jaraksari, Kota Wonosobo, yang mampu memainkan alat musik  yang terbuat dari kelopak ruas bambu yang diberi senar tersebut.

Seperti bentuknya, Bundengan sebenarnya memang bukan alat musik.Namun untuk mengisi waktu, para penggembala yang sering menggunakannya sebagai alat untuk berteduh saat hujan. Seringkali memasang tali ijuk pada kowangan tersebut yang pada akhirnya mengeluarkan bunyi. Dan pada akhirnya ijuk diganti dengan menggunakan senar agar menghasilkan suara lebih nyaring dan indah.

Hengky sendiri belajar memainkan alat musik Bundengan dari almarhum Barnawi dan sekarang hanya Hengky dan anak perempuan almarhum yang bisa memainkan. Namun anak perempuan almarhum Barnawi tidak aktif memainkannya.

Sementara Hengky, berusaha untuk melestarikan alat musik Bundengan ini. Dan sampai saat ini dia sudah berhasil membuat alat musik Bundengan sebanyak 4 buah. Bundengan selama ini biasa digunakan sebagai pengiring musik tarian lengger asli wonosobo.

0 Response to "Alat Musik Aneh Dari Wonosobo, Hanya 1 Orang Yang Bisa Memainkan"

Posting Komentar