RAI Sukabumi Studi Banding Pertanian Ke Wonosobo

IkiWonosoboMas.com - Tim Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI Heri Gunawan) kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menggelar kunjungan kerja (kunker) kekabupaten Wonosobo, Jawa Tengah guna mengetahui pengembangan pertanian yang mampu meningkatkan ekonomi dikalangan masyarakat petani, khususnya daerah pedesaan. 

Sebanyak 11 anggota tim RAI Heri Gunawan yang dipimpin oleh Maman Sukarta Raharja mengatakan, Kabupaten Wonosobo itu tergolong paling berhasil di Indonesia dalam pengelolaan pertanian dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

"Kami ingin mengetahui apa yang menjadi faktor  keberhasilan tersebut", katanya (29/5/2016). 

Pihaknya juga menambahkan, kunjungan kerja selama tiga hari juga menemukan berbagai ilmu yang nantinya bisa diterapkan di kabupaten Sukabumi. Salah satunya, di kabupaten Wonosobo itu antara pemerintah dan masyarakatnaya sangat bagus dalam mengembangkan pertanian. 

Jadi diberbagai kecamatan itu sudah dibagi-bagi oleh pemerintah, misalnya kecamatan ini sebagai penghasil salak, kecamatan lain sebagai petani Jahe, sayur-mayur dan sebagainya. Komitmen dan dan pembagian wilayah tanam sesuai dengan potensi daerah, itu yang harus kami contoh disini.

Kabupaten Wonosobo selain dianugerahi iklim yang sejuk, tanahnya juga subur dan sumber airnya melimpah. Beragam tanaman pertanian berupa sayur-mayur, buah-buahan dan aneka tanaman keras tumbuh subur dikota pegunungan ini. Komoditas pertanian menjadi sandaran hidup bagi mayoritas penduduk dikabupaten Wonosobo. Hasil produk pertanian setiap hari memenuhi pasar induk Wonosobo dan pasar Kertek untuk didistribusikan keberbagai kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Hasil kunjungan kerja kekabupaten Wonosobo ini, nanti akan dikaji kembali oleh tim RAI Heri Gunawan sebelum diserahkan kepada Bupati Sukabumi. Semoga nanti laporan kunjungan kerja ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan kajian untuk mengembangkan pertanian dikabupaten Sukabumi menjadi lebih maju, pungkasnya. (S-A)

0 Response to "RAI Sukabumi Studi Banding Pertanian Ke Wonosobo"

Posting Komentar