ikiwonosobomas.com

Babinsa Leksono Bantu Petani Panen Padi

IkiWonosoboMas.com - Program ketahanan pangan hingga swasembada beras yang dicanangkan pemerintah benar-benar harus didukung dan diwujudkan semua pihak. Tak terkeuali oleh Babinsa, selaku ujung tombak pengabdian TNI kepada masyarakat. Babinsa Koramil 13 / Leksono, Wonosobo yang membawahi kelurahan Leksono, desa Jlamprang dan desa Selokromo bersama pemilik lahan melaksanakan panen raya secara bersama-sama ditiga lokasi desa tersebut, Selasa (7-06-2016).

Lokasi panen raya dikelurahan Leksono, dengan lahan seluas 0,5 hektar, milik bapak Suprapto, mampu mengasilkan 3,5 ton gabah, Jenis padi yang ditanam Ciherang. Seperti yang disampaikan Sertu Mukhalalun (Babinsa kelurahan Leksono), hasil panen kali ini lebih baik dari pada musim panen kemarin, karena cuaca tidak begitu ekstrem seperti bulan-bulan kemaren. Tidak jauh berbeda dengan hasil panen didesa Jlamprang, dibawah bimbingan kelompok tani Mekar Abadi dan Sertu Nur Fauzy, selaku Babinsa desa Jlamprang. 

Panen raya padi dilahan seluas 0,4 hektar, milik bapak Sulaiman, berjenis Ciherang tersebut mampu menghasilkan gabah kering 3,2 ton. Sementara itu kelompok tani Putra Sedayu desa Selokromo, memanen padi dilahan milik bapak Suratmin, seluas 0,35 hektar, dengan padi jenis Barito dan mampu menghasilkan gabah kering 2,8 ton.

Dari ketiga desa yang kebetulan melakukan panen raya secara bersama tersebut, hasil panen sebagian akan dikonsumsi sendiri dan persediaan menjelang lebaran serta sebagian lagi akan dijual untuk biaya operasional musim tanam berikutnya. Para Babinsa berharap agar petani terus berupaya mengembangkan diri dan memanfaatkan teknologi dalam bercocok tanam, sehingga hasil karya mereka dikemudian hari berbuah kesejahteraan bagi petani dan keluarganya.

0 Response to "Babinsa Leksono Bantu Petani Panen Padi"

Posting Komentar