Konon, Air Tuk Bima Lukar Bikin Awet Muda

Konon,Air Tuk Buma Lukar Bikin Awet Muda
IkiWonosoboMas.com - Pengen awet muda? Coba saja ambil kesempatan untuk berlibur ke Wonosobo. Pergilah ke kawasan wisata dataran tinggi Dieng dan menyempatkan diri untuk menikmati sumber air Tuk Bima Lukar, konon air yang berada di Tuk Bima Lukar bisa membuat Anda terlihat lebih awet muda.

Banyak wisatawan yang berlibur ke Dieng Wonosobo untuk pergi ke salah satu mata air purba di Pegunungan Dieng yang dikenal sebagai hulu sungai serayu. Di Tuk Bima Lukar inilah para wisatawan kembali merasa segar setelah membersihkan diri dengan membasuh muka karena airnya yang jernih dan dingin.

Konon ceritanya, Tuk Bima Lukar terbentuk saat pihak Pandawa dan Kurawa berlomba untuk membuat sungai. Bima mendapat wangsit sebelum mulai menggali sungai, agar saat menggali sungai dalam keadaan lukar (tanpa busana) lalu mengmemgunakan alat vitalnya untuk membuat lubang air, dan mengairi lubang itu dengan air seninya. Bima pun melakukan seperti petunjuk yang diterimanya dan berhasil memenangkan lomba. 

Usai membuat sungai, Bima melihat seorang gadis cantik yang sedang mandi di sungai yang baru saja dia buat. Karena gadis tersebut sangat cantik, Bima terpana dan berucap “Sira Ayu” (kamu cantik). Ucapan tersebut kemudian dijadikan nama sungai yang airnya bersumber dari mata air Sungai Serayu ini.

Tuk Bima Lukar terletak di persimpangan jalan sebelum pertigaan Dieng, dahulu tempat ini digunakan sebagai tempat ritual untuk membersihkan diri sebelum menginjakkan kaki di Dieng, karena Dieng dianggap sebagai tempat suci. Bahkan sampai dengan saat ini, mata air Bima Lukar sering digunakan untuk kepentingan hajatan umat Hindu.

Foto:rona.metrotvnews.com

0 Response to "Konon, Air Tuk Bima Lukar Bikin Awet Muda"

Posting Komentar