Debit Air Telaga Cebong Kritis

Debit Air Telaga Cebong Kritis
IkiWonosoboMas.com - Bagi yang pernah menikmati keindahan golden sunrise bukit sikunir tentu tahu keberadaan Telaga Cebong yang ada di wilayah Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Dikabarkan, Telaga yang berada di desa tertinggi di Jawa Tengah tersebut, debit airnya sudah mulai kritis.

Dalam 10 tahun terakhir, saat ini Telaga Cebong mengalami pendangkalan paling parah, airnya hanya sisa 3 meter dari kedalaman 10-15 meter. Pada musim kemarau ini, debit airnya terus menyusut 1,5 meter hingga 2 meter.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sembungan, Ngiyudin Minggu (20/9) mengatakan, saat musim kemarau seperti sekarang, air di Telaga Cebong turun dan mengalami pendangkalan cukup parah. Menurut dia, setiap hari debit air menyusut di atas 5 meter dari permukaan.”

Kedalaman air kira-kira tinggal 3 sampai 5 meter,” katanya Telaga yang dihidupi ikan bandung, lelem, dan jaskap berkedalaman 3 hingga 15 meter dan luas 18 hektare itu, tiap tahun mengalami pendangkalan sekitar dua meter pada Agustus dan September sudah menyusut dua kali lipat lebih.

Pemicunya, musim kemarau dan 40 persen kemiringan lahan perbukitan tersebut masih ditanami kentang, kubis oleh penduduk setempat. Tanaman sayur di kawasan itu sejauh ini juga tidak tertolong dan pada gagal panen.”Petani gagal panen, sehingga merugi,” katanya. (Sumber:suaramerdeka)

Foto:sailtoheaven

0 Response to "Debit Air Telaga Cebong Kritis"

Posting Komentar