ikiwonosobomas.com

Membangun Pusat Teknologi di Wonosobo

Membangun Pusat Teknologi di Wonosobo
IkiWonosoboMas.com - Perkembangan teknologi terus memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Mulai dari perkembangan teknologi transportasi masal seperti kereta tercepat di dunia yang diciptakan oleh Cina. Kereta tersebut memiliki kapasitas 494 penumpang dan melayani rute Shanghai – Nanjing  dan Shanghai – Hangzhou dengan kecepatan : 487 km/jam. Sampai perkembangan aplikasi jejaring sosial atau sosial media yang seringkali mempertemukan sahabat lama melalui dunia maya.

Siapa yang tak mengenal Whatsapp, BBM, Chat me, Line, Facebook, Twitter, Path, Instagram dan jenis media sosial atau media chatting lainnya. Bagi sebagian dari kita yang memiliki smartphone atau android tentu sangat piawai menggunakan salah satu dari berbagai jenis aplikasi tersebut.

Bicara tentang HP pintar atau smartphone sendiri kita sudah bisa membuat daftar panjang berbagai merk baru. Mulai dari Galaxy Samsung yang terus bersaing teknologi dengan Iphone dari apple sampai merk HP yang mungkin mengambil nama dari hewan "Tiger". Bisa jadi diantara kita malah sering bergonta-ganti HP seiring dengan adanya produk baru yang diluncurkan.

Pertanyaan sederhana yang selalu timbul dibenak saya adalah, adakah produk teknologi yang berhasil diciptakan oleh generasi Indonesia dan menjadi kebanggaan bersama? Apakah memang generasi muda Indonesia diarahkan untuk menjadi konsumen. Sehingga selamanya Indonesia hanya akan menjadi pangsa pasar yang sangat potensial bagi setiap perkembangan teknologi. Sementara kita juga hanya bisa menggunakannya. Kenapa? ada sekitar 290juta jumlah penduduk yang seakan dipaksa menjadi penggunanya.

Saya pribadi memang belum mempunyai sebuah karya, apapun itu. Namun melalui tulisan ini saya berharap, siapa tahu generasi muda Wonosobo bisa termotivasi untuk menjadi generasi kreatif dan penuh inovasi. Berlomba - lomba membuat karya yang bermanfaat bagi orang banyak. Siapa tahu iklim dari sikap berpikir kreatif dan penuh inovasi akan mampu menciptakan sebuah karya teknologi yang bisa bicara tingkat dunia.

Siapa tahu juga dengan iklim yang diciptakan tersebut. Generasi muda Wonosobo akan didukung Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk bisa membangun pusat teknologi di Wonosobo seperti Sillicon Valley yang berada di Amerika sebagai markas dari berbagai macam perusahaan teknologi kelas dunia seperti perusahaan yahoo, intel dan lainnya.

Mimpi.. ya mimpi ini mungkin akan bisa terwujud seperti mimpinya generasi masyarakat Jepang yang ingin tampil di Piala Dunia. Melalui komik kapten Tsubasa ternyata bisa memotivasi generasi muda Jepang untuk terus berlatih. Dan buktinya kita bisa lihat sendiri kan?