ikiwonosobomas.com

Bupati Wonosobo Beri Kuliah Umum di Depan Dosen dan Alumni UNDIP

IkiWonosoboMas.com - Rabu kemarin (22 Oktober 2014), Bupati Wonosobo memberikan kuliah umum di depan mahasiswa jurusan pemerintahan, Dosen dan alumni Universitas Diponegoro (UNDIP). Dalam kesempatan tersebut, H.A. Kholiq Arif membeberkan tentang konsep Wonosobo Human Right City.

Kuliah Umum atau "Public Lecture" yang diselenggarakan di Auditorium UNDIP oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Fisip UNDIP bertema "Strategi Pembangunan Daerah Ideal". Kholiq Arif dengan pengalamannya sebagai bupati mulai dari 2005 - 2014 menyampaikan kondisi-kondisi dalam wilayahnya. Seperti tingginya angka kriminalitas, tawuran antar kampung, premanisme, perbedaan antar organisasi keagamaan, investasi rendah dan penutupan pabrik.

Kholiq Arif mengungkapkan di setiap akhir masa jabatan setiap pekerjaan rumah tadi secara bertahap dapat dieliminir dan dicari solusinya sehingga di akhir masa jabatannya sudah ada peningkatan ke arah yang lebih baik.

Sementara konsep Wonosobo Human Right City, berawal dari ide besar Hak Asasi Manusia (HAM) yang perlu diterjemahkan dari level negara ke ranah lokal dengan menjadikan Wonosobo sebagai kabupaten HAM atau Human Rights City, dengan warga ditempatkan pada posisi terpenting dalam setiap proses pembangunan.

Sehingga dalam strategi perkembangan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Wonosobo selalu mempertimbangkan kota yang ramah bagi pejalan kaki dan penyandang disabiitas. Mulai dari infrastruktur jalan, trotoar hingga tata kota yang lebih mengedepankan kepentingan masyarakat. 

Sementara bagi anak-anak dan manula, pemerintah Wonosobo berkomitmen untuk menyediakan ruang terbuka hijau dan taman sebagai sarana untuk bermain.