ikiwonosobomas.com

Wonosobo Gelar Kontes Kambing Tingkat Nasional

Wonosobo Gelar Kontes Kambing Tingkat Nasional
IkiWonosoboMas.com - Hari minggu pagi (9/8/2015), ratusan ekor kambing perankan etawa (PE) ras Kaligesing mengikuti kontes tingkat nasional di obyek wisata kalianget, Wonosobo. Ratusan kambing tersebut berasal dari 200 komunitas peternak dan penggemar kambing PE ras kaligesing yang tersebar di beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan DIY.

Ratusan kambing tersebut bertarung dalam 8 kelas seperti kelas A untuk kambing ekstrem yang sudah rampas atau tanggal giginya 3 pasang ke atas jantan dan betina, kelas B untuk kambing yang rampas maksimal 2 pasang atau 4 gigi jantan dan betina, kelas C untuk kambing yang belum rampas jantan dan betina serta kelas D untuk kambing yang belum rampas dengan ukuran jantan maksimal 75 cm dan betina maksimal 70 cm.

Untuk memperebutkan hadiah sejumlah uang, sertifikat dan piala. Penilaian kaming berbeda dengan kontes sebelumnya di Lamongan Jawa Timur, yang mana ukuran dan berat serta kualitas susu dan kesehatan kambing ikut dinilai, pada kontes kali ini lebih pada penampilan. 

Menurut salah satu juri, Tri Wiyono dari Rembang, beberapa kriteria penilaian yang ditetapkan kontes kali ini adalah bagaimana bentuk postur kambing, bentuk kepala, telinga, pola warna, rewos atau bulu belakang, bulu atau rambut, leher, tanduk, ekor, kaki dan testis yang bagus, proporsional serta menarik.

0 Response to "Wonosobo Gelar Kontes Kambing Tingkat Nasional"

Posting Komentar