ikiwonosobomas.com

Di Puncak Kemarau, Suhu di Dieng Dibawah 0 Derajat Celcius

Di Puncak Kemarau, Suhu di Dieng Dibawah 0 Derajat Celcius
IkiWonosoboMas.com - Saat puncak musim kemarau, suhu di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo dibawah 0 derajat celcius. Bahkan suhu didalam rumah mencapai minus 1 derajat celcius. 

"Suhu terendah di dalam rumah yang ditunjukkan termometer mencapai minus 1 derajat celcius. Itu terjadi pada dini hari, mungkin kalau di luar rumah lebih rendah lagi," kata salah seorang warga (15/8/2015).

Menurutnya,saat masih pukul 21.00 WIB tercatat sebesar 15 derajat celcius dan terus turun hingga minus 1 derajat celcius pada dini hari. 

Kondisi tersebut mengakibatkan butiran embun di halaman rumah maupun ladang kentang berubah menjadi butiran es atau "frost" yang biasa disebut "bun upas" oleh warga setempat. "Bahkan, dua hari lalu, 'frost'-nya terlihat sangat tebal, sekitar 0,5 centi meter. Hampir setiap pagi ada 'frost'," ujarnya.

Dampak dari fenomena tersebut, lahan tanaman kentang sekitar 20 hektare mengalami kegagalan. Akibatnya, harga kentang Dieng di pasaran mengalami kenaikan hingga Rp 1000/kg.

0 Response to "Di Puncak Kemarau, Suhu di Dieng Dibawah 0 Derajat Celcius"

Posting Komentar