ikiwonosobomas.com

Wonosobo Akan Bangun Museum Peradaban Jawa

Wonosobo Akan Bangun Museum Peradaban Jawa

IkiWonosoboMas.com - Bupati Wonosobo, Kholiq Arief berencana mendirikan Museum Peradaban Jawa. Hal ini seperti yang diungkapkan Prof Dr Kusnin Asa MA, arkeolog dari Universitas Diponegoro Semarang seperti yang dilansir www.wonosobokab.go.id. “Begitu mendengar ide Pak Bupati mengenai rencana membangun museum, saya langsung tergugah dan bersemangat sekali”, ungkap Kusnin.

Hal tersebut diungkapkan dalam diskusi yang dihadiri Bupati, Kepala Kantor Pariwisata Ekonomi Kreatif,  Ketua Komisi A Suwondho Yudhistiro dan Ketua Komisi D Ahmad Faizun, serta budayawan Agus Wuryanto tersebut, Prof Kusnin menegaskan bahwa Wonosobo adalah pusat peradaban Jawa sejati. Di Wonosobo lah, peradaban masyarakat Jawa berawal dan berkembang hingga ke masa-masa kejayaan Hindu-Budha di seluruh Pulau Jawa. Rabu (22/4).

Mengingat betapa luar biasanya sejarah peradaban Jawa tersebut, Prof Kusnin mengaku akan mendukung penuh konsep Bupati Wonosobo yang menginisiasi pendirian Museum Peradaban Jawa.

Bangunan di komplek bekas pendopo rumah dinas yang saat ini telah berdiri dan tengah dalam renovasi tahap akhir, menurut Kusnin telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, termasuk luasan dan tata letak ruangannya. 

“Meski dibangun oleh kolonial Belanda, bangunan rumah dinas tidak meninggalkan konsep dan arsitektur Jawa kuno, termasuk dari sisi kosmiknya”, urai Kusnin

Bupati Wonosobo, HA Kholiq Arif sendiri mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Prof Kusnin Asa yang memang dimintanya merealisasikan gagasan mengenai Museum Peradaban Wonosobo. “Saya bersama beliau memang memiliki visi dan misi yang sama terkait upaya meluruskan sejarah peradaban Jawa” tutur Kholiq. 

Dengan berdirinya museum peradaban jawa, selain menjadi pusat kajian keilmuan, Bupati juga meyakini akan munculnya efek berantai positif pada pariwisata Wonosobo. 

“Wisatawan yang berkunjung ke Dieng, kelak bisa lebih dulu mengunjungi Museum, karena di dalam museum ini akan ditampilkan pula kesejarahan Dieng, yang dahulu kala merupakan poros peradaban dunia”, kata Kholiq lebih lanjut.(wonosobokab.go.id)

0 Response to "Wonosobo Akan Bangun Museum Peradaban Jawa"

Posting Komentar