ikiwonosobomas.com

Kepala Daerah Wonosobo Akan Diganti Pelaksana Tugas (Plt) Pada Tahun 2015

Kepala Daerah Wonosobo Akan Diganti Pelaksana Tugas (Plt) Pada Tahun 2015
IkiWonosoboMas.com - Pelaksanaan Pilkada serentak di Jawa Tengah diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir Desember atau mundur hingga tahun 2016. Hal ini menjadikan Bupati Wonosobo dan 15 kepala daerah lainnya di Jawa Tengah yang akhir masa jabatannya selesai pada 2015 akan diganti oleh pelaksana tugas (Plt).

15 kepada daerah selain Wonosobo yang akhir masa jabatannya selesai pada 2015 adalah Kota Surakarta, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Rembang, Purbalingga, Kebumen, Boyolali, Kendal, Kota Magelang, Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Purworejo,Wonogiri, Klaten, dan Blora.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, bila Perppu No1 tahun 2014 tentang Pilkada disetujui DPR pada Januari, maka pemungutan surat suaranya bisa dilaksanakan minimal pada Desember 2015. "Kalau nanti ada putaran kedua, berarti pelaksanannya pada 2016," kata dia di Semarang, Sabtu (27/12/2014).

Padahal, lanjut Joko, 16 kepala daerah di Jateng itu akhir masa jabatannya jauh sebelum Desember 2015. "Ada yang berakhir Mei, Juni, Juli, maupun Agustus," beber dia.

Menurutnya untuk sementara Pejabat Plt akan diisi oleh Kementrian Dalam Negeri melalui Pemerintah Provinsi Jateng, sebelum 16 kabupaten/kota mendapatkan kepala daerah yang baru.